Penampakan Fosil Kerang dan Usus Ayam di Bukit Jatipranje Cirebon

Penampakan Fosil Kerang dan Usus Ayam di Bukit Jatipranje Cirebon

CIREBON - Bukit Jatipranje di perbatasan Kota dan Kabupaten Cirebon potensial menjadi wisata purbakala. Terdapat fosil kerang hingga biota laut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon melakukan jelajah situs tua ke Bukit Jatipranje, yang berada di wilayah selatan.

Di kawasan itu, banyak terdapat fosil biota laut. Juga binatang lain yang sudah menjadi fosil seperti kerang laut, bagian tubuh ayam dan lainnya.

Pemerhati sejarah dan budaya Kota Cirebon, Jajat Sudrajat mengungkapkan, jelajah situs ini dilakukan sebagai bentuk wacana untuk nantinya dieksplorasi lebih lanjut.

“Kita tahu situs Jatipranje ini masih asli. Dan ini sangat memiliki keterkaitan dengan sejarah yang ada di Kota Cirebon,” kata Jajat, yang ikut dalam jelajah tersebut, Jumat (1/10/2021).

Dikatakan dia, pohon jati yang tumbuh di Bukit Jatipranje dalam catatan sejarah dipakai untuk membangun Majid Agung Sang Cipta Rasa.

Lokasi Bukit Jatipranje sebenarnya tidak sulit dijangkau. Masih berbatasan dengan Kabupaten Cirebon. Lokasinya tidak jauh dari Kampung Benda Kerep, Kota Cirebon.

Menurut Jajat, Bidang Kebudayaan Disbudpar akan membuat kunjungan wisata ke Cirebon, menggali wisata sejarah dan budaya serta kepurbakalaan.

“Sekarang tinggal bagaimana mengemas dan membuat konsep agar layak dijadikan perjalanan wisata,” katanya.

Jelajah budaya itu, diikuti Kabid Kebudayaan Disbudpar Sundusiah, Kepala Seksi Sejarah Cagar Budaya dan Museum Elin Marlina, Kasi Pembinaan Kelembagaan dan Kebudayaan Imam Fachrurochman. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: